Logo Bloomberg Technoz

"Kami berharap dapat mengeluarkan teks akhir pekan ini," kata Senator James Lankford, negosiator utama dari Partai Republik, dalam acara Fox News Sunday. "Semua orang akan memiliki waktu untuk membacanya dan memahaminya. Tidak ada yang akan terhambat dalam proses ini."

Perwakilan Tony Gonzales, dari Partai Republik Texas, mengutip "kekacauan" di perbatasan dengan Meksiko dan mengatakan bahwa ia berharap paket Senat akan muncul minggu ini.

"Hal itu menggembirakan. Saya ingin kita melihatnya. Saya ingin kita mulai membicarakan masalah-masalah keamanan nasional yang kita miliki," ujarnya dalam acara This Week di ABC.

Responden jajak pendapat menyalahkan Gedung Putih dan anggota Kongres dari Partai Republik atas situasi di perbatasan AS-Meksiko--68% tidak setuju dengan penanganan Biden, sementara 65% mengatakan hal yang sama tentang anggota parlemen GOP.

Dukungan untuk pejabat di wilayah perbatasan AS yang mengirim migran ke kota dan negara bagian utara menurun menjadi 43% dari 50% di September.

Lankford dan Gonzales tidak memberikan informasi spesifik mengenai kebijakan apa saja yang akan dimasukkan dalam RUU tersebut, atau berapa jumlah anggaran yang akan dikeluarkan. Partai Republik menuntut kebijakan suaka yang lebih ketat dan langkah-langkah untuk mengurangi jumlah migran yang memasuki perbatasan selatan sebagai imbalan untuk mendapatkan bantuan militer asing yang diminta oleh Gedung Putih.

"Kami sedang berusaha untuk mendapatkan hal-hal yang benar-benar berhasil," kata Lankford.

Ketua DPR Mike Johnson telah mempertimbangkan untuk melakukan pembicaraan dengan Gedung Putih mengenai kebijakan imigrasi. Lankford menyarankan bahwa pembicaraan semacam itu akan sangat membantu.

Pada saat yang sama, Kongres harus mencapai kesepakatan untuk mendanai pemerintah AS untuk menghindari dimulainya penutupan pemerintah pada 20 Januari.  

Perwakilan Elise Stefanik, seorang anggota Partai Republik dari New York yang sangat dekat dengan Trump, berusaha menyalahkan penutupan pemerintah pada Presiden Joe Biden.

"Kami tidak mendukung penutupan pemerintah, tapi kita harus mengamankan perbatasan," kata Stefanik dalam acara Meet the Press di NBC. "Jadi, orang yang mengancam penutupan pemerintah adalah Joe Biden, yang menolak untuk mengamankan perbatasan."

Jajak pendapat CBS pada 3-5 Januari terhadap 2.157 orang memiliki margin kesalahan plus atau minus 2,8 poin persentase.

(bbn)

No more pages