Logo Bloomberg Technoz

5 Aplikasi Pemantau Banjir yang Wajib Anda Instal di Ponsel

Muhammad Fikri
05 January 2024 13:55

Ilustrasi banji. Terjadi di Jalan Baiduri Bulan, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta. (Dok. BPBD DKI)
Ilustrasi banji. Terjadi di Jalan Baiduri Bulan, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta. (Dok. BPBD DKI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat, terjadi pada Kamis (4/1/2023) sore hingga malam. Hal ini tentu sangat berdampak bagi masyarakat sekitar titik kejadian tersebut.

Terdapat banyak kerugian yang terjadi diakibatkan oleh banjir, diantaranya kerugian para pekerja khususnya dalam perjalanan menuju dan dari tempat bekerja. Ujung-ujungnya terlambat.

Kami memiliki beberapa rekomendasi aplikasi pemantau banjir yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui titik mana yang sedang mengalami banjir, sehingga Anda dapat opsi lain untuk melewati jalan lain untuk melanjutkan aktivitas.

Begini lima cara pantau banjir terkini di Jakarta dan sekitarnya via aplikasi

1. Aplikasi Jaki

Jaki merupakan aplikasi yang memiliki beberapa fitur termasuk fitur memantau Banjir. Aplikasi khusus ini dapat digunakan oleh warga DKI Jakarta untuk memantau berbagai informasi termasuk informasi banjir seputar wilayah Jakarta.

2. Sistem Peringatan Dini Banjir

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memantau tinggi air sungai yang berada di Jakarta. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur memantau prakiraan cuaca sekitar Jabodetabek. Ini merupakan aplikasi resmi dari BMKG.