Logo Bloomberg Technoz

China tengah masih menghadapi beberapa tantangan pertumbuhan, termasuk dari kemerosotan properti yang sedang berlangsung dan lemahnya kepercayaan di kalangan bisnis dan konsumen.

Lan  mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa ukuran defisit anggaran negara akan dipertahankan pada "tingkat tertentu" pada tahun 2024.

Ia menambahkan bahwa pihak berwenang akan terus menetapkan kuota yang "sesuai" untuk obligasi pemerintah daerah khusus yang baru, yang merupakan sumber utama investasi infrastruktur.

Dengan begitu, pengeluaran pemerintah secara keseluruhan akan meningkat dan "memainkan peran yang lebih baik dalam menstimulasi permintaan domestik."

Guna membantu pemerintah daerah yang kekurangan dana dalam memenuhi kebutuhan belanja dasar, Lan mengatakan bahwa pemerintah pusat akan terus mentransfer dana kepada mereka.

Daerah-daerah yang lebih miskin akan mendapat prioritas. Para pejabat juga akan meluncurkan beberapa pemotongan pajak yang berfokus pada dukungan untuk inovasi teknologi dan pengembangan manufaktur.

Dukungan fiskal pemerintah secara umum lemah tahun lalu karena pihak berwenang berjuang untuk menarik pendapatan dari penjualan tanah, sebuah konsekuensi dari krisis properti.

Data resmi terbaru yang tersedia menunjukkan ukuran luas pengeluaran pemerintah turun 0,5% selama 11 bulan pertama tahun lalu dibandingkan dengan tahun 2022.

Hal ini membuat tujuan awal Beijing untuk meningkatkan apa yang disebut sebagai pengeluaran tambahan, sekitar 6% untuk tahun ini, jauh di luar jangkauan.

Beberapa ekonom memperkirakan defisit anggaran resmi tahun ini akan sama, jika tidak sedikit lebih besar, dari tahun lalu. Beijing menetapkan rasio defisit terhadap produk domestik bruto sebesar 3% pada Maret lalu, tapi melakukan revisi anggaran pertengahan tahun yang jarang terjadi menjadi 3,8%. Pemerintah menerbitkan tambahan utang negara sebesar 1 triliun yuan (sekitar U$140 miliar) untuk bantuan bencana dan konstruksi.

Lan menggambarkan rasio utang pemerintah dalam wawancara tersebut sebagai "dalam kisaran yang masuk akal," dan menambahkan bahwa para pejabat telah "secara tepat memperluas pengeluaran dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang realistis, sambil menyisihkan ruang untuk mengatasi potensi risiko dan tantangan di masa depan."

"Ada kemungkinan bahwa defisit resmi mungkin tidak akan dinaikkan sebanyak yang diperkirakan pasar," kata Michelle Lam, ekonom China di Societe Generale SA. Meskipun pihak berwenang ingin mengirimkan "sinyal positif", ia mengatakan bahwa mereka "juga ingin memiliki fleksibilitas."

Akan ada dukungan tambahan yang tidak diperhitungkan dalam rasio defisit anggaran resmi. Sebagai contoh, beberapa ekonom melihat pemerintah mempertahankan kuota untuk obligasi pemerintah daerah khusus yang baru tidak berubah dari tahun lalu sekitar 3,8 triliun yuan.

Bank sentral juga dapat terus menggunakan program Pledged Supplemental Lending, sebuah alat yang digunakan untuk memberikan bank-bank yang berorientasi pada kebijakan dana murah untuk proyek-proyek perumahan dan infrastruktur.

"Kuncinya adalah eksekusi anggaran," kata Ding Shuang, kepala ekonom untuk wilayah Greater China dan Asia Utara di Standard Chartered Plc. "Jika rencana ini dijalankan lebih baik daripada tahun lalu, dampak efektif dari defisit akan lebih besar."

(bbn)

No more pages