Logo Bloomberg Technoz

Ratusan Bangunan di Ishikawa Terbakar Imbas Gempa Jepang

Delia Arnindita Larasati
02 January 2024 10:00

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api usai gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api usai gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ratusan bangunan terbakar di pusat kota Wajima, Prefektur Ishikawa imbas gempa dengan magnitudo 7,6 yang mengguncang Jepang. Petugas pemadam kebakaran dikatakan masih berupaya memadamkan api pada Senin malam.

Dikutip dari NHK, pemadam kebakaran setempat mengatakan lebih dari 100 bangunan di sekitar Asaichi Street yang berada di pusat kota diyakini telah terbakar. Lokasi tersebut dikenal sebagai objek wisata yang bangunannya kebanyakan dibuat dari kayu.

Wajima merupakan kota yang paling terdampak oleh gempa tersebut.

Berdasarkan pengamatan dari sebuah helikopter NHK yang terbang di atas pusat kota Wajima pada Selasa pagi, tampak api masih muncul di beberapa tempat. Asap putih membumbung tinggi di wilayah yang luas.

Sebuah bangunan yang diyakini merupakan gedung tujuh lantai terlihat ambruk. Pemadam kebarakan mengatakan telah menerima informasi bahwa sebuah gedung perusahaan pernis di Wajima yang sudah lama berdiri telah runtuh. Namun, pihaknya masih mencoba mengkonfirmasi informasi tersebut.