Logo Bloomberg Technoz

Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2024 oleh IMF, ADB, Bank Dunia Cs

Redaksi
02 January 2024 06:00

Warga berjalan saat cuaca panas di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Warga berjalan saat cuaca panas di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah lembaga internasional bidang ekonomi memiliki pandangan yang berbeda-beda terhadap arah pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024. Beberapa lembaga menunjukkan optimisme, tetapi ada pula yang menganggap pergerakan ekonomi Tanah Air akan lebih terseok dibanding tahun lalu.

Dana Moneter Internasional (IMF) dan Asian Development Bank (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI akan berada di level 5%. Sementara itu, Bank Dunia memproyeksi ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh 4,9%. Menariknya, Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) malah memprediksi ekonomi Indonesia akan mencapai 5,2% sepanjang tahun ini.

Berikut proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari lembaga-lembaga internasional:

IMF

IMF merilis laporan World Economic Outlook (WEO) terbaru edisi Oktober. Dibandingkan WEO edisi Juli, proyeksi terhadap ekonomi Indonesia belum berubah.

Lembaga yang berkantor pusat di Washington DC (Amerika Serikat/AS) itu masih mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5% untuk 2024. Tak berbeda dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2023.

IMF memberi sejumlah catatan untuk prospek perekonomian Indonesia. Pertama, transisi ke energi bersih akan membawa keuntungan bagi Indonesia.