Logo Bloomberg Technoz

Arab Saudi dan Ethiopia Gabung, BRICS Kian Berkembang

News
29 December 2023 21:40

BRICS (Sumber: Bloomberg)
BRICS (Sumber: Bloomberg)

Ana Monteiro - Bloomberg News

Bloomberg, Keanggotaan kelompok negara berkembang BRICS bakal bertambah dua kali lipat. Pasalnya, menurut utusan Afrika Selatan untuk blok tersebut, Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, Ethiopia, dan Mesir akan bergabung dengan kelompok ini pada 1 Januari, tahun depan.

Anggota-anggota yang ada saat ini yakni Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan, pada Agustus lalu mengundang enam negara lain untuk menjadi bagian dari kelompok ini, menyatukan beberapa produsen energi terbesar di dunia dengan beberapa konsumen terbesar di negara-negara berkembang. Hanya Argentina yang menolak undangan tersebut setelah Presiden Javier Milei, yang mulai menjabat bulan ini, membatalkan tawaran keanggotaan dari pendahulunya.

Kelima negara yang diundang mengirimkan perwakilan tingkat senior ke pertemuan sherpa BRICS di Durban, Afrika Selatan, awal bulan ini dan mereka berpartisipasi penuh dalam pertemuan tersebut, "sebuah indikasi yang jelas bahwa mereka telah menerima undangan" untuk bergabung, Anil Sooklal, duta besar Pretoria untuk blok tersebut, mengatakan dalam sebuah wawancara pada Jumat.

Para anggota baru ini juga akan mengirimkan para pejabatnya ke pertemuan sherpa di Moskow pada 30 Januari.