Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Huawei Moncer Rp1.529 T, Sanksi Cip AS Tak Pengaruh?

News
29 December 2023 15:45

Huawei. (Source: Bloomberg)
Huawei. (Source: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Huawei Technologies Co mencatatkan kenaikan penjualan 9% tahun 2023 di tengah upaya perusahaan ini mengusik pasar Apple Inc. Huawei juga menjadi upaya China dalam pengembangan teknologi cip di tengah sanksi yang dihadapi Beijing oleh Washington perihal pasokan cip canggih asal Amerika Serikat (AS).

Raihan penjualan raksasa teknologi China ini tercatat lebih dari 700 miliar yuan  atau sekitar US$98,7 miliar (lebih Rp1.529 triliun). Ini menjadi pertumbuhan tercepat dalam beberapa tahun terakhir berkat kebangkitan bisnis smartphone dan penjualan peralatan 5G yang kuat.

Secara kuartalan, pendapatan Huawei naik 27% menjadi sekitar 243,4 miliar yuan, berdasarkan perhitungan Bloomberg dari angka tahunan. Itu merupakan akselerasi terbaik dibandingkan kenaikan tipis pada kuartal ketiga lalu.

Sepanjang tahun 2023 Huawei membuat gebrakan dengan merilis smartphone dengan prosesor cip Kirin 7-nanometer canggih. Prosesor 7-nm canggih ini dirayakan di seluruh negeri di tengah kebijakan AS memblokir pasokan cip  yang melumpuhkan industri teknologi negara itu.