Logo Bloomberg Technoz

Covid-19 Tinggi, Warga RI Diminta Perketat Prokes saat Tahun Baru

Septiana Ledysia
29 December 2023 15:40

Ilustrasi Virus Covid (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Virus Covid (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Berbagai acara menarik ditawarkan untuk perayaan malam pergantian tahun di Jakarta. Untuk itu, warga RI diharapkan tetap memperketat protokol kesehatan untuk menekan angka Covid-19 saat tahun baru.

Menurut Dinas Kesehatan (Dinkes DKI Jakarta) protokol Kesehatan yang dimaksud adalah Kembali dengan memakai masker dan mencuci tangan, serta melengkapi vaksinasi. 

“Lengkapi imunisasi rutin anak gratis dari pemerintah ada 15 jenis. Serta segera lengkapi vaksinasi Covid-19 dosis 1—4 selagi ada dan gratis. Terutama untuk kelompok rentan karena jika positif berpotensi besar terjadi keparahan/meninggal dunia terutama untuk usia di atas 50 tahun yang memiliki komorbid hipertensi, DM, stroke, penyakit jantung, gagal ginjal kronis, kanker, TBC, HIV, dan gangguan imunitas lainnya,” ujar Kepala Seksi Surveilans Epidemologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama kepada Bloomberg Technoz saat itu.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi puncak Covid-19 di Indonesia pada awal Januari. Ini bertepatan dengan berakhirnya perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Untuk itu, Kemenkes juga sudah mengimbau masyarakat untuk melengkapi dosis vaksinasi Covid-19. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor IM.02.04/C/4864/2023 tertanggal 15 Desember 2023.