Logo Bloomberg Technoz

Cara AS Setop Pendanaan Houthi di Tengah Konflik Laut Merah

News
29 December 2023 12:15

Laut Merah (Dok: Bloomberg)
Laut Merah (Dok: Bloomberg)

Daniel Flatley - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada satu orang dan tiga badan penukaran uang (money exchange) yang dituding membantu mentransfer jutaan dolar untuk Houthi atas nama Iran.

Tindakan pada Kamis ini diambil karena serangan kelompok militan Yaman itu terhadap kapal-kapal yang melintasi Laut Merah telah mengganggu perdagangan di kawasan tersebut. Akibatnya, separuh dari armada kapal kontainer yang biasanya menggunakan Laut Merah dan Terusan Suez terpaksa mengambil rute yang jauh lebih panjang.

Brian Nelson, Wakil Menteri Keuangan AS bidang Terorisme dan Intelijen Keuangan, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tindakan ini "mengarisbawahi tekad kami untuk membatasi aliran dana ilegal ke Houthi, yang terus melakukan serangan berbahaya terhadap pelayaran internasional dan berisiko semakin mengganggu stabilitas kawasan."

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi terhadap lembaga penukaran uang Al Aman Kargo Ithalat Ihracat Ve Nakliyat Limited Sirketi yang berbasis di Turki, yang mereka katakan berfungsi sebagai saluran untuk menyalurkan uang Iran ke bisnis Houthi di Yaman. Lembaga Nabco Money Exchange and Remittance Co juga dikenai sanksi terkait perdagangan ini.