Logo Bloomberg Technoz

Tanker Minyak Diserang di Laut Merah, PM India Laporan ke MBS

News
27 December 2023 16:00

Perdana Menteri India Narendra Modi. (Dok: Bloomberg)
Perdana Menteri India Narendra Modi. (Dok: Bloomberg)

Eltaf Najafizada - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri India Narendra Modi membahas situasi di Timur Tengah, termasuk serangan baru-baru ini terhadap kapal-kapal di Laut Merah, dengan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) bin Abdulaziz Al Saud.

"Kami bertukar pandangan mengenai situasi Asia Barat dan berbagi keprihatinan mengenai terorisme, kekerasan dan hilangnya nyawa warga sipil," kata Modi dalam sebuah tulisan di X. Ia juga "menegaskan kembali posisi India yang telah lama dan berprinsip dalam masalah Israel-Palestina dan menyerukan bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan bagi penduduk yang terkena dampak," menurut sebuah pembacaan India atas percakapan tersebut.

Pembicaraan antara kedua pemimpin ini dilakukan beberapa hari setelah sebuah kapal kargo, MV Chem Pluto, dihantam oleh sebuah pesawat tak berawak yang diduga melakukan serangan di dekat pantai barat India. Sebagai tanggapan, India mengerahkan tiga kapal perang ke Laut Arab, menurut sebuah pernyataan pemerintah.

India sedang menyelidiki serangan terhadap kapal tersebut, yang dituduhkan oleh militer AS kepada Iran. AS juga telah berkonsultasi dengan para sekutunya mengenai kemungkinan aksi militer terhadap pemberontak Houthi Yaman yang didukung Iran sebagai tanggapan atas serangan mereka yang semakin berani terhadap kapal-kapal di Laut Merah.