Logo Bloomberg Technoz

Aplikasi Maps yang Bisa Dipakai Tanpa Kuota di Libur Nataru

Redaksi
27 December 2023 08:50

Ilustrasi Google Maps. (Dok: Perusahaan)
Ilustrasi Google Maps. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pada libur natal dan tahun baru (Nataru) menjadi periode yang tepat untuk melakukan liburan lewat perjalanan darat. Banyak aplikasi yang bisa Anda pakai untuk membantu membaca peta dan kondisi lalu lintas perjalanan Anda.

Berikut aplikasi peta digital yang bisa Anda manfaatkan saat bepergian di Nataru 2023/2024 ini, beberapa bahkan bisa dijalankan tanpa terhubung dengan internet atau offline atau tidak menyedot kuota data Anda.

Google Maps

Aplikasi Google Maps. (Dok: Bloomberg)

Aplikasi peta digital ini bisa dibilang adalah paling banyak dipakai atau populer, baik pada perangkat ponsel dengan sistem iOS atau Android. Fitur-fitur pada Google Maps bisa Anda optimalisasi, termasuk memberi peringkat ulasan foto dan video atas perjalanan. Google Maps juga bisa Anda atur untuk merencanakan perjalanan, dengan estimasi waktu sampai, caranya; buka Aplikasi Google Maps > Tentukan rute atau titik tujuan > Pada bagian atas, pilih Lainnya Tetapkan waktu berangkat atau tiba > Tetapkan waktu di bagian “Berangkat pada” atau “Tiba pada”.

Google Maps juga bisa menghadirkan format tampilan jalan atau Street View dengan visualisasi lokasi agar mudah dipahami saat mendekati tujuan Anda. Pada aplikasi dari perusahaan teknologi asal AS ini juga bisa diberikan alternatif rute atau preferensi rute. Google Maps yang telah tersedia di sekitar 220 negara ini bisa dipakai tanpa internet, caranya; Ketuk tiga titik pada layar sisi kanan atas > Pilih ‘Unduh peta offline’ > Pilih area unduh > Pilih Unduh.

Layanan offline yang terakhir kali diunduh menyajikan informasi terbaru yang Anda perlukan, dan akan kembali mengupdate perubahan saat kembali online. Peta wilayah yang diunduh mencakup luas sekitar 38 ribu km dengan kapasitas unduh hingga 2GB. Hasil unduh akan dihapus otomatis dalam 30 hari.

Apple Maps

Ilustrasi Apple Maps. (Dok: Bloomberg)