Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Segera Pimpin Rapat Pleno 'Nuklirisasi’ Korut 2024

News
26 December 2023 09:40

Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Kim Jong Un diagendakan memimpin pertemuan besar mengenai penetapan kebijakan dengan kekuatan baru, yang menjanjikan kemajuan militer dan ekonomi Korea Utara untuk melawan tekanan Amerika Serikat (AS) dalam menghentikan program senjata nuklir Korut.

Partai Pekerja Korea yang dipimpin Kim akan mengadakan sidang pleno Komite Sentralnya sebelum akhir tahun ini untuk menentukan jalan menuju 2024, media pemerintah melaporkan. Meskipun belum ada tanggal pastinya, dalam beberapa tahun terakhir acara ini telah berlangsung selama beberapa hari dalam pekan terakhir di kalender.

Kim bisa dibilang berada di puncak kekuasaannya sejak ia menjabat sekitar belasan tahun yang lalu, dengan transfer senjata ke Rusia dalam beberapa bulan terakhir kemungkinan akan meningkatkan perekonomian Korut yang terkena sanksi.

Program senjatanya juga telah mencapai kemajuan yang signifikan, termasuk uji coba rudal baru yang dirancang untuk mengirimkan hulu ledak ke daratan Amerika pada bulan ini dan pembangunan reaktor nuklir yang telah lama terhenti yang dapat menambah produksi plutonium secara signifikan.