Logo Bloomberg Technoz

Garap Proyek Hotel di IKN, Emiten Aguan PANI Investasi Rp50 M

Muhammad Julian Fadli
24 December 2023 17:00

Motor melintas dengan latar apartemen di kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Motor melintas dengan latar apartemen di kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten milik Sugianto Kusuma, yang lebih dikenal dengan Aguan, PT Pantai Indah Kapuk 2 Tbk (PANI), mengumumkan telah melakukan investasi dalam bentuk penyertaan saham guna meggenjot investasinya di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Emiten properti ternama PIK 2 itu melihat peluang investasi yang dapat menambah valuasi saham PANI di masa mendatang dan IKN merupakan salah satu destinasi baru untuk investasi di bidang properti.

Adapun investasi terbaru PANI tersebut terjadi melalui penyertaan saham minoritas melalui perusahaan asosiasi yaitu PT Kusuma Putra Alam (KPA) senilai Rp50 miliar.

Lebih detail, KPA adalah Perusahaan yang berkedudukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, dengan total modal disetor sebesar Rp450 miliar. Berdasarkan akta, bidang usaha KPA adalah real estate, perhotelan dan pariwisata. 

“Pada saat informasi ini dikeluarkan, PANI tidak memiliki hubungan afiliasi dengan KPA sebagaimana yang diatur oleh POJK Nomor 42/POJK.04/2020 Tentang Transaksi Afiliasi Dan Transaksi Benturan Kepentingan,” terang manajemen PANI dalam keterbukaan informasi pada laman Bursa Efek Indonesia.
 
Investasi yang dilakukan tersebut menjadikan porsi kepemilikan PANI di KPA sebesar 11,12% dari total modal dan disetor KPA.