Logo Bloomberg Technoz

Mobil Listrik Pakai Baterai Daur Ulang Tengah Naik Daun

News
21 December 2023 21:20

Buruh pabrik China. (Dok: Bloomberg)
Buruh pabrik China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Sekelompok orang yang menyebut diri sebagai pemulung sampah bisa mengumpulkan kotak-kotak logam berharga. Inilah yang dijual Li dan timnya di China Selatan.

Ketujuh orang ini adalah pedagang komoditas baru yang sedang naik daun di pasar kendaraan listrik terbesar dan paling matang di dunia: baterai bekas. Masing-masing baterai mengandung bahan-bahan berharga seperti lithium, kobalt, dan nikel yang dapat diekstraksi dan dijual kembali. Dengan jutaan kendaraan listrik yang siap dibuang, dan ribuan lainnya yang telah ditinggalkan di kuburan di seluruh negeri, ada banyak sekali baterai yang sudah tidak terpakai dan menunggu untuk didaur ulang.

Semua logam mulia tersebut, yang tersembunyi di tempat barang rongsokan, tempat parkir, dan jalan masuk di seluruh China, merupakan sumber daya yang sangat penting karena persaingan global untuk mendapatkan mineral penting semakin meningkat dan berbagai negara berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam transisi menuju ramah lingkungan.

Sistem yang efektif, aman, dan ramah lingkungan untuk mengumpulkan dan memproses baterai akan membuat produsen mobil China menjadi yang terdepan. Mereka akan dapat memproduksi mobil listrik dengan baterai daur ulang dalam skala besar--menjadikannya sangat ramah lingkungan--memberi mereka keunggulan atas saingan internasional karena pemerintah mewajibkan lebih banyak penjualan mobil listrik dan tempat-tempat seperti Eropa mewajibkan tingkat minimum logam daur ulang dalam kendaraan.