Logo Bloomberg Technoz

Krisis Laut Merah Ganggu Pengiriman IKEA, Abercrombie, dan Fitch

News
21 December 2023 19:40

Ilustrasi pelayaran di Laut Merah. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pelayaran di Laut Merah. (Sumber: Bloomberg)

Rafaela Lindeberg dan Clara Hernanz Lizarraga - Bloomberg News

Bloomberg, IKEA menghadapi kemungkinan kekurangan beberapa produk karena perusahaan-perusahaan pelayaran mengalihkan rute kapal-kapal mereka dari Laut Merah. Sementara peritel pakaian Abercrombie & Fitch Co berencana untuk beralih ke angkutan udara untuk menghindari kemacetan.

Raksasa furnitur flatpack asal Swedia, Ikea, mengatakan bahwa mereka sedang mencari opsi lain untuk mengamankan ketersediaan produk-produknya, yang biasanya melewati Laut Merah dan Terusan Suez dalam perjalanan dari pabrik-pabrik di Asia ke Eropa dan pasar-pasar lainnya.

Perusahaan-perusahaan pelayaran global termasuk A.P. Moller-Maersk A/S dan Hapag-Lloyd AG telah mengalihkan kargo setelah para militan Houthi yang didukung Iran mengintensifkan serangan-serangan terhadap kapal-kapal komersial yang berlayar di Laut Merah.

Serangan-serangan tersebut, yang terkait dengan perang Israel-Hamas, telah menciptakan keadaan darurat pelayaran lainnya lebih dari dua tahun setelah sebuah kapal yang terjebak di Terusan Suez mengacaukan perdagangan global.