Logo Bloomberg Technoz

Blue Bird Investasi Rp250 M di IKN Demi Transportasi Listrik

Mis Fransiska Dewi
21 December 2023 17:10

Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Blue Bird Tbk (BIRD) resmi investasi Rp250 miliar untuk mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono mengatakan, investasi ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk menghadirkan solusi mobilitas yang berkelanjutan.

Keputusan investasi ini, kata dia, sejalan dalam mendukung inisiatif ramah lingkungan dan menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan melalui visi keberlanjutan 50:30, yaitu upaya pengurangan hingga 50% emisi karbon dan buangan perusahaan pada 2030.

“Hal ini sejalan dengan konsep pembangunan IKN sebagai smart forest city. Semangat yang sama inilah yang mendorong kami berkomitmen untuk berkontribusi secara nyata terhadap pembangunan IKN melalui pengembangan sistem, sarana, dan prasarana transportasi yang ramah lingkungan. Dengan investasi ini kami ingin menjadi pelopor dalam pengembangan transportasi publik berbasis listrik di IKN,” ujar Adrianto dalam keterangan, Kamis (21/12/2023).

Helipad untuk perusahaan penebangan kayu di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Dia menambahkan, investasi dan kontribusi Bluebird akan digunakan untuk pengembangan sistem transportasi ramah lingkungan yang meliputi pengadaan bus rapid transit listrik (layanan bus perkotaan), taksi listrik, mobil rental listrik, bus jurusan IKN–Balikpapan, serta sarana pendukung lainnya, seperti halte, park and ride, transfer point, depo, dan charging point yang semuanya akan dikelola secara terintegrasi menggunakan teknologi pintar.