Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno Marsudi ke Aljazair, Bahas Kerja Sama Energi

Redaksi
21 December 2023 19:10

Menlu Retno Marsudi. (Tangkapan Layar Youtube MoFA Indonesia)
Menlu Retno Marsudi. (Tangkapan Layar Youtube MoFA Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan bilateral sehari ke Aljazair (20/12/2023). Selama kunjungan, Retno melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menlu Aljazair dan kunjungan kehormatan ke Presiden Aljazair.

Tahun ini, tepat 60 tahun terjalinnya hubungan bilateral RI-Aljazair. Kunjungan Retno ke  Aljazair digunakan untuk memperkuat kerja sama, utamanya kerja sama perdagangan dan investasi.

Aljazair termasuk lima besar mitra dagang Indonesia di Afrika. Volume perdagangan kedua negara terus meningkat hingga 15,77% per tahun.

Dalam pertemuan dengan Menlu Aljazair Ahmad Attaf, Retno turut didampingi oleh tiga CEO anak usaha Pertamina. Isu-isu yang dibahas dalam pertemuan adalah, pertama, kerja sama perdagangan.

“Indonesia ingin meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Aljazair secara seimbang dan berkelanjutan. Dalam pertemuan, saya dorong Aljazair untuk membentuk preferential trade agreement (PTA)," kata Retno melalui pernyataan resminya, Kamis (21/12/2023).