Logo Bloomberg Technoz

KLHKI Dorong Percepatan Transisi Energi untuk Atasi Polusi

Dinda Decembria
21 December 2023 16:20

Polusi udara Jakarta. (Sumber: Septiana Ledysia/Bloomberg Technoz)
Polusi udara Jakarta. (Sumber: Septiana Ledysia/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah terus bekerja keras untuk mengatasi polusi di DKI Jakarta. Salah satunya dengan mendorong transisi energi di Jakarta dibandingkan daerah lain.

"Kita dorong transisi energi di DKI Jakarta lebih dipercepat dibanding di daerah lain di Indonesia. Misalnya tidak boleh di DKI Jakarta menggunakan batu bara, atau diesel tapi diarahkan menggunakan listrik atau gas untuk industri yang ada disini, kita sedang menggarapnya dengan pemerintah DKI Jakarta untuk menjadi peraturan," kata Dirjektorat Jenderal (Dirjen) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkuang hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro, di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (21/12/2023).

Sigit mengutarakan, polusi udara yang terjadi di Jakarta beberapa bulan lalu karena ada pengaruh dari negara tetangga, yaitu Australia.

"Terutama kita belajar di bulan Juli, Agustus, September, periode kritis di DKI Jakarta ternyata ada pengaruh dari angin Australia," beber Sigit.

Sigit juga mengatakan permasalahan kualitas udara di Indonesia yang buruk karena tiga hal. Yaitu berasal dari Forest Fire (Kebakaran Hutan), kendaraan bermotor, dan Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara (PLTU Batu Bara)