Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani akan Jamin Proyek IKN dengan Skema KPBU

Mis Fransiska Dewi
08 December 2023 14:14

Pembangunan rumah pegawai pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan rumah pegawai pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan yang dipimpin Sri Mulyani Indrawati memastikan akan menjamin proyek-proyek infrastruktur yang berlangsung di ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal itu demi menggenjot pembangunan di Nusantara.

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PII, M. Wahid Sutopo mengungkapkan, skema penjaminan proyek IKN telah disusun oleh pemerintah tinggal menunggu eksekusi penjaminannya.

“Memang saat ini sudah disiapkan skema penjaminan IKN itu ada skema tersendiri PMK (Peraturan Menteri Keuangan). Walaupun saat ini belum dieksekusi, tapi pembahasannya sudah dimulai," kata Sutopo di kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Jumat (8/12/2023).

Dia menyebut tidak semua proyek infrastruktur melibatkan PII karena sesuai dengan kebutuhan pemerintah. PII akan menjamin proyek-proyek IKN dalam skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

"Karena memang dari sisi tahapan untuk skema KPBU ini akan berlangsung di tahap berikutnya setelah infrastruktur dasar dilaksanakan. Ada beberapa investor juga yang tertarik untuk terlibat," tutur dia.