Logo Bloomberg Technoz

Nantinya, tambah dia, kemudahan dan kenyamanan mobilitas penduduk IKN akan didukung oleh Bluebird dengan investasi taksi listrik hingga 100 unit, armada mobil rental listrik hingga 50 unit, armada bus jurusan IKN-Balikpapan hingga 10 unit, charging point, dan depo.

“Sedangkan untuk kontribusi meliputi layanan bus perkotaan listrik hingga 40 unit, halte hingga 53 titik, satu transfer point (bus interchange station), dan dua park and ride,” ujarnya.

Adapun seremoni peresmian investasi dan kontribusi Bluebird dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono di IKN pada Kamis (21/12/2023).

"Saya senang dan saya menyambut gembira transportasi ramah lingkungan di IKN oleh Blue Bird Group dengan investasi sebesar Rp250 miliar," kata Jokowi dikutip dari siaran sekretaris kabinet.

Jokowi menyebutkan, peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di IKN.

“Memang konsepnya sejak awal transportasi di IKN adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, gedungnya hijau, transportasinya hijau, listriknya hijau, energi hijau, semuanya harus hijau,” tutur Jokowi. 

(mfd/roy)

No more pages