Logo Bloomberg Technoz

Kontradiksi IKN: Investor Lokal Prioritas tapi Gencar Rayu Asing

Pramesti Regita Cindy
20 December 2023 15:30

Presiden Jokowi di proyek pembangunan IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)
Presiden Jokowi di proyek pembangunan IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang dengan progres pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dia kembali menyambangi IKN dan mengecek progres pembangunan Hotel Nusantara, hotel kelas bintang lima yang ada di wilayah ibu kota baru tersebut.

Jokowi mengaku senang karena progresnya sudah 43%. Oleh karena itu sebelum upacara peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 2024 mendatang, hotel tersebut sudah bisa digunakan. Dalam kesempatan itu Jokowi kemudian menyinggung soal investor lokal yang kini satu per satu masuk ke IKN. Memang kata dia, investor lokal alias dalam negeri adalah prioritas.

"Itu juga baik. Jadi memang saya sampaikan yang diutamakan itu investor dalam negeri dahulu. Apalagi bukan hanya dari Jawa bukan hanya dari Jakarta ada yang dari investor dari Balikpapan juga ikut memulai ini akan sangat bagus sangat bagus," kata Presiden Jokowi di IKN, Rabu (20/12/2023).

Namun dia menyinggung bahwa ada pengusaha lokal investor IKN yang bermitra dengan asing. Hal tersebut juga bisa dilakukan. Presiden Jokowi berharap, pembangunan berbagai fasilitas di IKN akan bisa rampung sesuai target. Selain hotel-hotel, di IKN juga sedang disiapkan pembangunan mal hingga pusat olahraga atau sport center.

"Bisa digunakan (hotel) di awal Agustus sebelum upacara sudah bisa digunakan. Ini yang saya bilang setelah yang satu masuk yang lain pasti berbondong-bondong yang lain berbondong-bondong yang di belakang lagi akan berbondong-bondong lagi," kata Jokowi lagi soal investor yang masuk ke IKN.

Presiden Jokowi kunjungi IKN pada Rabu (20/12/2023) (YouTube Sekretariat Presiden)