Logo Bloomberg Technoz

Analis Sebut 4 Hal yang Menarik Dari Transaksi TikTok & Tokopedia

Muhammad Julian Fadli
20 December 2023 08:25

Ilustrasi GoTo Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi GoTo Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -Meskipun ada sebagian yang kecewa dengan investasi TikTok ke Tokopedia, namun Maybank Sekuritas Indonesia menilai transaksi tersebut menarik bagi kedua belah pihak, termasuk bagi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Hal tersebut diungkapkan oleh Analis Maybank Sekuritas Etta Rusdiana Putra dalam riset yang dipublikasikan pada Senin (18/12/2023). Etta Rusdiana merupakan analis yang pertama kali mengungkapkan peluang kerja sama antara TikTok dengan Tokopedia.

Menurut Etta, ada empat hal yang menjadikan transaksi ini menarik bagi GOTO. Pertama, kepemilikan GOTO di Tokopedia sebesar 24,99% dengan skema non-dilutif. Hal ini membuat kepemilikan GOTO tidak akan terdilusi meskipun TikTok kembali menyuntikan dana.

Kedua, adalah economy stream dari Tokopedia ke GOTO. Ketiga, GOTO tidak akan mengeluarkan uang sedikitpun untuk mengembangkan Tokopedia karena semua semua akan diserap oleh TikTok. Keempat GOTO akan tetap menjadi mitra utama Tokopedia, tanpa batas waktu, sehingga penciptaan nilai ekosistem GOTO dapat terus berlanjut.

"Nilai sebenarnya dari kesepakatan ini adalah economy stream, GOTO akan menerima aliran pendapatan berkelanjutan dari Tokopedia selaras dengan pertumbuhannya dan skala usaha, yang sebagian besar akan berkontribusi langsung terhadap EBITDA," ujar Etta.