Logo Bloomberg Technoz

GOTO Kian Dekat Cetak Profit, Pasca TikTok Injeksi Tokopedia

Muhammad Julian Fadli
18 December 2023 14:15

Ilustrasi Founder GOTO (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Founder GOTO (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Shinhan Sekuritas Indonesia merekomendasikan beli (Buy) saham teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), dengan target harga saham mencapai Rp109 dengan potensi kenaikan 17%.

Analis Shinhan Sekuritas, Billy Ibrahim Djaya dan Anissa Septiwijaya menyebutkan target harga GOTO tersebut merefleksikan optimisme terhadap prospek pertumbuhan raksasa teknologi Indonesia ini menuju profitabilitas setelah terjadinya ‘Deal of the year’ TikTok feat Tokopedia. 

Shinhan memperkirakan biaya layanan atas hasil kolaborasi bisnis Tokopedia dengan TikTok Shop Indonesia akan meningkatkan EBITDA GOTO kedepannya. Adapun GOTO akan menerima aliran kas dari biaya layanan setelah transaksi selesai, di mana keseluruhan transaksi diharapkan selesai pada kuartal I-2024.

“GOTO berpotensi menerima biaya layanan e-commerce >US$100 juta per tahun. "Biaya Layanan" akan sekitar ~40 bps dari GMV dan dibayarkan secara berkala setiap kuartal. Dengan asumsi pangsa pasar TikTok Shop + Tokopedia mencapai 40% pada 2024, biaya layanan tahunan diperkirakan mencapai US$138 juta atau setara dengan Rp2,1 triliun (Dengan asumsi Kurs Rp15.500/US$). Setelah itu, ini seharusnya langsung meningkatkan arus kas dan EBITDA GOTO,” kata Billy dan Anissa, dalam riset yang diterbitkan Senin (18/12/2023).

Selain itu, EBITDA positif GOTO yang disesuaikan pada tahun penuh 2024 akan dapat tercapai berkat kesepakatan ini, karena GOTO tidak perlu lagi mendanai unit bisnis e-commerce (Tokopedia), yang telah mengalami pembakaran dana kas yang tinggi tetapi dengan margin kontribusi tambahan yang lebih rendah dibandingkan dengan bisnis inti lainnya, yaitu on-demand services.