Logo Bloomberg Technoz

Alphabet Bayar Denda Rp10 T Kasus Antimonopoli Google Play

News
19 December 2023 14:10

Ilustrasi Google. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Google. (Dok: Bloomberg)

Malathi Nayak - Bloomberg News

Bloomberg, Alphabet Inc akan membayar US$700 juta atau setara Rp10 triliun, dan mengubah kebijakan Google Play untuk menyelesaikan tuntutan yang mengatakan app store tersebut secara tidak sah mendominasi pasar aplikasi mobil Android. Kesepakatan ini menyelesaikan keluhan antimonopoli yang diajukan oleh para jaksa agung dari puluhan negara bagian dan konsumen.

Kesepakatan yang diungkap dalam pengajuan pengadilan pada Senin malam menyebutkan adanya penyesuaian pada kebijakan Google Play yang dirancang untuk mengurangi persaingan di pasar distribusi aplikasi dan pemrosesan pembayaran. Gugatan yang digabungkan dalam pengadilan federal di California tersebut telah mengancam miliaran dolar pendapatan yang dihasilkan dari penjualan dan distribusi aplikasi melalui Google Play.

"Penyelesaian ini memperkuat pilihan dan fleksibilitas Android, mempertahankan perlindungan keamanan yang kuat, dan mempertahankan kemampuan Google untuk bersaing" dengan pembuat sistem operasi lain, dan berinvestasi dalam ekosistem Android untuk pengguna dan pengembang, Wilson White, wakil presiden Google untuk Urusan Pemerintah & Kebijakan Publik, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Juri Federal di San Francisco bulan ini memenangkan Epic Games Inc atas klaimnya terkait kebijakan distribusi, pembayaran, dan biaya aplikasi Google Play melanggar hukum.