Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Lesu, Taipan Thailand akan Investasi ke Luar Negeri

News
19 December 2023 13:30

Ilustsrasi kota diThailand. (Dok: Bloomberg)
Ilustsrasi kota diThailand. (Dok: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan-perusahaan Thailand disebut akan tingkatkan investasi di luar negeri dengan membeli lebih banyak aset di tahun-tahun mendatang karena para taipan melebarkan usaha ke luar ekonomi lokal yang lesu untuk mendorong pertumbuhan mereka di masa depan.

Waranon Vanichprapa, dari firma hukum DLA Piper, mengatakan para taipan pemilik perusahaan keluarga dan perusahaan-perusahaan terbuka lainnya kemungkinan akan meningkatkan investasi keluar, terutama di sektor energi, jasa keuangan, real estat, perhotelan, dan ritel.

Menurut data yang dikumpulkan Bloomberg, perusahaan-perusahaan Thailand telah mengumumkan kesepakatan senilai sekitar US$107 miliar untuk mengakuisisi aset-aset di luar negeri sejak tahun 2012. 

Aksi akuisisi yang dipimpin oleh Central Group milik keluarga Chirathivat, Charoen Pokphand Group milik miliarder Dhanin Chearavanont, TCC Group milik Charoen Sirivadhanabhakdi, dan PTT Pcl milik pemerintah ini telah memberi pijakan bagi perusahaan-perusahaan Thailand di sektor ritel, minuman, dan energi, mulai dari Vietnam hingga Eropa dan Amerika Serikat.