Logo Bloomberg Technoz

Ini Alasan William Tanuwijaya Melego Saham GOTO Rp70,12 M

Mis Fransiska Dewi
18 December 2023 18:36

Chairman Tokopedia dan Eks CEO William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Chairman Tokopedia dan Eks CEO William Tanuwijaya. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pendiri sekaligus mantan CEO Tokopedia William Tanuwijaya menjelaskan alasan di balik keputusannya menjual kembali saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), setelah suntikan modal TikTok ke Tokopedia.

Menyitir keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), William menyebut tujuan dari penjualan saham GOTO adalah untuk pembayaran fasilitas kredit. Akan tetapi, dia tidak mendetailkan fasilitas kredit yang dimaksud.

William melepas 764,6 juta saham GOTO selama 14—18 Desember 2023, dengan harga rata-rata penjualan Rp91,71 atau nilai total Rp70,12 miliar.

Saat ini, kepemilikan saham seri A William berkurang dari 8,06 miliar lembar menjadi 7,27 miliar lembar. Sementara itu, saham seri B 12,59 miliar, tidak berubah jumlah dan porsi kepemilikannya. Dia masih menjadi pemegang saham individu terbesar.

Rencana penjualan saham itu telah disampaikan William dalam keterbukaan informasi GOTO pada 19 Oktober. Saat itu, dia mengumumkan akan melego 3,09 miliar saham seri A GOTO, sekitar 15% dari total kepemilikan sahamnya saat ini di GOTO.