Logo Bloomberg Technoz

Buat Bayar Utang, William Tanuwijaya Jual Saham GOTO Rp70,12 M

Mis Fransiska Dewi
18 December 2023 17:54

William Tanuwijaya Founder Tokopedia (Tangkapan layar Instagram @liamtanu)
William Tanuwijaya Founder Tokopedia (Tangkapan layar Instagram @liamtanu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pendiri sekaligus mantan CEO Tokopedia William Tanuwijaya kembali menjual saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), di tengah tekanan terhadap saham setelah injeksi modal TikTok ke Tokopeda. Hari ini saham GOTO ambles 7,53% ke level Rp86.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), William Tanuwijaya menyampaikan telah menjual saham GOTO sebanyak 764,6 juta pada periode 14-18 Desember 2023. Harga rata-rata penjualan adalah Rp91,71 atau nilai total Rp70,12 miliar.

William menyatakan tujuan dari penjualan saham GOTO adalah untuk pembayaran fasilitas kredit. Namun William tidak merinci fasilitas kredit yang dimaksud.

Setelah penjualan ini, jumlah kepemilikan saham seri A William berkurang dari 8,06 miliar lembar menjadi 7,27 miliar lembar. Sementara saham seri 12,59 miliar, tidak berubah jumlah dan porsi kepemilikannya. William masih tercatat sebagai pemegang saham individu terbesar.

William Tanuwijaya merealisasikan rencananya yang pernah disampaikan dalam keterbukaan informasi GOTO pada 19 Oktober 2023. Kala itu, William yang saat ini masih menjabat Komisaris GOTO, memiliki rencana untuk melakukan penjualan saham GOTO sampai 3,09 miliar saham seri A GOTO. Jumlah ini sekitar 15% dari total kepemilikan sahamnya saat ini di GOTO.