Logo Bloomberg Technoz

Jepang - ASEAN Sepakati Kerja Sama di Tengah Polemik dengan China

News
18 December 2023 08:10

Kapal berlayar ke Laut China Selatan (Bloomberg)
Kapal berlayar ke Laut China Selatan (Bloomberg)

Isabel Reynolds - Bloomberg News

Bloomberg, Jepang dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berjanji untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan maritim setelah pertemuan puncak yang diadakan di Tokyo, di tengah-tengah meningkatnya kekhawatiran akan perselisihan teritorial di kawasan ini dengan China.

Kedua belah pihak sepakat untuk menegakkan hukum internasional, meningkatkan kerja sama penjaga pantai, dan mencari lebih banyak cara untuk bekerja sama dalam bidang pertahanan, termasuk dalam hal peralatan dan pelatihan bersama. Demikian diungkap mereka dalam pernyataan yang luas pada Minggu setelah KTT peringatan antara Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan para pemimpin kelompok tersebut.

KTT yang menandai peringatan 50 tahun hubungan antara kelompok ini dan negara dengan ekonomi terbesar kedua di Asia ini terjadi ketika satu-satunya sekutu perjanjian Jepang, Amerika Serikat, bersaing dengan China untuk memberikan pengaruh di wilayah tersebut. China adalah mitra dagang utama, sekaligus saingan teritorial bagi negara-negara Asia Tenggara, seperti Filipina, Vietnam dan Malaysia, serta Jepang.

Pada pertemuan para pemimpin bilateral pada Sabtu, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menjanjikan hibah senilai ¥400 juta (US$2,8 juta) kepada Malaysia untuk membantu meningkatkan keamanan maritim dan melindungi jalur laut dengan menyediakan peralatan seperti kapal penyelamat. Dia juga menjanjikan sebuah kapal patroli untuk Indonesia.