Logo Bloomberg Technoz

Deloitte Mulai Pakai AI untuk Cegah PHK Massal Industri Konsultan

News
17 December 2023 15:00

Deloitte (Sumber: Bloomberg)
Deloitte (Sumber: Bloomberg)

Irina Anghel - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan-perusahaan raksasa di dunia konsultasi menghadapi kesulitan yang tidak biasa tahun ini. Banyak dari mereka sedang dalam proses memecat ratusan staf, bahkan setelah mereka merekrut ribuan lulusan perguruan tinggi untuk memenuhi permintaan baru.

Kini, salah satu tantangan terbesar adalah memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk mengubah hal tersebut.

Dalam kaitan itu, Deloitte LLP menggunakan AI untuk mengevaluasi keterampilan staf yang ada dan memetakan rencana yang akan mengalihkan karyawan dari bagian bisnis yang lebih sepi ke posisi yang lebih banyak diminati. Hal ini merupakan bagian dari pertaruhan yang lebih luas oleh perusahaan jasa profesional bahwa teknologi ini akan memungkinkan mereka untuk memoderasi pertumbuhan perekrutan dari waktu ke waktu.

Langkah ini dilakukan setelah Deloitte menambah 130.000 staf tahun ini. Namun, di tengah perekrutan tersebut, perusahaan tersebut memperingatkan ribuan staf di Amerika Serikat (AS) dan Inggris bahwa pekerjaan mereka berisiko menjadi mubazir setelah perusahaan terpaksa merestrukturisasi area bisnis tertentu sebagai respons terhadap perlambatan permintaan.