Logo Bloomberg Technoz

Periode Suram Startup: Badai PHK Hingga Tutup Bisnis

News
15 December 2023 18:30

Ilustrasi PHK Karyawan (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi PHK Karyawan (Bloomberg Technoz)

Sarah McBride—Bloomberg News

Bloomberg, Tahun ini menjadi pukulan berat untuk para perusahaan startup, ketika banyak pelaku industri industri teknologi memilih memangkas pengeluaran. Selama pandemi banyak investor tergolong loyal dalam mendanai perusahaan-perusahaan startup, dengan menjanjikan apa pun. Namun kini putaran pendanaan baru terkikis.. Bukannya meningkat, malah terjadi pemangkasan.

250.000 pekerja di perusahaan-perusahaan teknologi terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), menurut situs pelacak pekerjaan Layoffs.fyi. Ini termasuk terjadi pada perusahaan teknologi raksana seperti Meta Platforms Inc hingga Google. Sisanya, yang berjumlah ribuan posisi berasal dari perusahaan-perusahaan kecil sedang menghadapi perlambatan.

Lebih dari 500 perusahaan startup menutup pembukaan posisi baru pada tahun 2023, menurut perusahaan manajemen ekuitas Carta Inc. Banyak dari mereka yang bertahan dan mencari sumber pendanaan alternatif.

Stellar Pizza dengan dukungan Serve Automation Inc, yang menggunakan teknologi robotik untuk membuat pizza adalah salah satu bisnis tersebut. Perusahaan ini memangkas separuh jumlah pekerjanya tahun ini dan mengumumkan kampanye crowdfunding. Target pengumpulan dana mencapai US$1,24 juta, yang akan memberikan landasan untuk tetap beroperasi selama lima bulan lagi, dijelaskan perusahaan.