Logo Bloomberg Technoz

Wall Street Landai, Investor Tahan Diri Jelang Rilis Inflasi

News
12 December 2023 05:20

Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)

Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg - Pergerakan saham di bursa Amerika Serikat (AS), Wall Street, landai mengawali pekan ini, dengan setimen pelaku pasar menahan diri dari pertaruhan besar menjelang rilis data ekonomi utama, dan pertemuan para petinggi bank sentral yang akan menguji optimisme pasar terhadap penurunan suku bunga tahun depan.

Wall Street akan mengetahui bahwa tren disinflasi terus berlanjut, melalui indeks harga konsumen pada Selasa (12/12/2023) waktu setempat. Laporan ini akan dirilis sehari sebelum keputusan terakhir bank sentral AS, Federal Reserve yang dijadwalkan pada tahun 2023, dengan para pejabat diperkirakan akan mempertahankan suku bunga dan mengumumkan Ringkasan Proyeksi Ekonomi mereka. 

Pertanyaannya adalah apakah The Fed akan mencoba meredam ekspektasi pelonggaran kebijakan setelah investor melakukan re-pricing yang agresif dan menetapkan status dovish?

“Awal pekan ini saham bergerak kurang bersemangat, tetapi masih banyak hal yang akan terjadi dalam beberapa hari ke depan – yang dapat menentukan bagaimana pasar mengakhiri tahun ini dan memulai tahun 2024,” kata Craig Erlam dari Oanda.