Logo Bloomberg Technoz

RI Getol Impor Beras, Gibran Sebut Petani Milenial Bisa Solusinya

Pramesti Regita Cindy
11 December 2023 14:50

Cawapres Gibran Rakabuming dan KH Said Aqil Siradj (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Cawapres Gibran Rakabuming dan KH Said Aqil Siradj (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka bicara soal swasembada pangan hingga pentingnya keterlibatan anak muda atau generasi milenial dalam mengembangkan pertanian termasuk teknologi pertanian.

Hal ini disampaikannya ketika berkunjung ke Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (10/12/2023). Wali Kota Solo ini  menggarisbawahi pentingnya peran anak muda, khususnya santri dan generasi Z, dalam mengembangkan sektor pertanian di Indonesia. 

Salah seorang santri menanyakan kepada Gibran soal pangan dan pasokan beras yang belum bisa dipenuhi secara mandiri. Alhasil, Indonesia masih mengimpor antara lain dari Thailand, Vietnam hingga India dan Pakistan. Gibran kemudian menjawab pentingnya generasi muda memberi perhatian pada pertanian.

"Sebenernya apa yang kita pengen tuh, Santri-santri gen Z, milenial itu bisa bukan hanya masalah teknologi, tapi juga termasuk disebut pertanian," kata Gibran di Jakarta, Minggu malam (10/12/2023).

"Ke depan yang namanya pertanian itu harus mulai mengarah ke misalnya smart farming,'" jelasnya.