Logo Bloomberg Technoz

Harga Daging Babi Anjlok, Pertanda Buruk Perekonomian China

News
11 December 2023 12:50

Industri daging babi di China. (Sumber: Bloomberg)
Industri daging babi di China. (Sumber: Bloomberg)

Ben Sharples - Bloomberg News

Bloomberg, Harga daging babi di China anjlok lebih dari 6% pekan lalu, meskipun ada upaya dari pihak berwenang untuk mendukung pasar. Hal ini menambah kekhawatiran seputar deflasi di negara dengan perekonomian terbesar di Asia tersebut.

Harga rata-rata nasional untuk protein paling populer di China tersebut kini berada pada level terendah sejak April 2022. Harga telah turun hampir seperempat dari harga tertinggi tahun ini pada awal Agustus 2023.

Pengumuman pemerintah China pada akhir November bahwa mereka akan membeli daging babi untuk cadangan strategis negara — pembelian ketiga mereka tahun ini — tidak berhasil menghentikan penurunan. Pihak berwenang juga mendesak para peternak untuk menjual babi ketika sudah siap dipasarkan dan tidak menimbun ternak.

Kekhawatiran perekonomian China semakin terlihat akhir pekan lalu saat angka resmi menunjukkan bahwa indeks harga konsumen (IHK) turun pada laju paling tajam bulan lalu dalam tiga tahun terakhir, dan indeks harga produsen (IHP) juga turun lebih dari yang diperkirakan. 

Grafik harga daging babi di China. (Sumber: Bloomberg)