Logo Bloomberg Technoz

Filipina Kutuk Serangan China Terhadap Kapal-kapalnya di LCS

News
11 December 2023 08:00

Ferdinand Marcos Jr. di Davos, Swiss (Sumber: Bloomberg)
Ferdinand Marcos Jr. di Davos, Swiss (Sumber: Bloomberg)

Manolo Serapio Jr - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr telah mengecam "tindakan berbahaya" China terhadap kapal-kapal Filipina di Laut China Selatan (LCS) selama dua hari terakhir. Termasuk ketika China menabrak sebuah perahu Filipina, dan menyebut tindakan tersebut sebagai "pelanggaran hukum internasional yang nyata dan jelas."

"Agresi dan provokasi yang dilakukan oleh Penjaga Pantai China dan milisi maritim China terhadap kapal-kapal dan personel kami akhir pekan ini hanya semakin memperkuat tekad kami untuk mempertahankan dan melindungi kedaulatan, hak kedaulatan, dan yuridiksi negara kami di Laut Filipina Barat," kata Marcos dalam postingan di X pada Minggu Malam. Dia menggunakan istilah Filipina untuk Laut China Selatan.

"Kami tetap tidak terpengaruh," tambahnya.

Filipina mengatakan kapal-kapalnya rusak setelah "ditargetkan secara langsung" pada hari Minggu oleh kapal penjaga pantai China dengan semprotan air selama misi pasokan ke Second Thomas Shoal. Filipina juga melaporkan bahwa Penjaga Pantai China menembakkan meriam air pada hari Sabtu ke kapal sipil Filipina di dekat Scarborough Shoal, yang memicu kecaman dari Amerika Serikat (AS).