Logo Bloomberg Technoz

Data Ekonomi China Mengecewakan, Bursa Saham Asia Melempem

News
11 December 2023 10:46

Ilustrasi bursa Asia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi bursa Asia (Sumber: Bloomberg)

Matthew Burgess - Bloomberg News

Bloomberg, Harga saham di bursa China melemah, ikut menyeret turun saham-saham Asia, menyusul data inflasi yang lebih buruk dari perkiraan pada akhir pekan dan kekecewaan atas pertemuan Politbiro.

Data yang dirilis pada Sabtu menunjukkan bahwa indeks harga konsumen (IHK) China turun pada laju paling tajam dalam tiga tahun. Sementara indeks harga produsen (IHP) turun lebih jauh ke wilayah negatif. Menurut Bloomberg Intelligence, beberapa pelaku pasar mungkin kecewa karena regulator China menghapus kata-kata "bersifat kuat" saat menggambarkan kebijakan moneter untuk tahun 2024. Dolar menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya.

Pergerakan tertahan di wilayah lain karena para trader menantikan pekan yang berat, yang akan menunjukkan data inflasi Amerika Serikat (AS) pada hari Selasa, keputusan kebijakan Federal Reserve pada hari Rabu, dan angka penjualan ritel pada hari Kamis.

"Situasi deflasi China semakin parah dengan dampak ganda dari harga pangan dalam negeri, koreksi harga minyak internasional, dan permintaan dalam negeri yang lemah," tulis ekonom Citigroup yang dipimpin oleh Xinyu Ji dalam catatan kepada klien.