Logo Bloomberg Technoz

Australia Naikkan Harga Rumah bagi Warga Asing

News
10 December 2023 08:35

Properti di Australia (Bloomberg)
Properti di Australia (Bloomberg)

Tracy Withers-Bloomberg News

Bloomberg, Australia menerapkan kebijakan baru yakni menaikkan harga pembelian rumah yang sudah jadi bagi warga asing. Sebaliknya, mereka akan diberikan kemudahan untuk berinvestasi di proyek rumah yang akan build-to-rent 'segera dibangun untuk digunakan' selama tinggal di negara itu.

Pembelian rumah yang sudah ada akan naik harganya hingga tiga kali lipat. Hal itu disampaikan Menteri Keuangan James Edward Chalmers MP atau  Jim Chalmers dalam pernyataannya pada Minggu di Sydney. Apalagi, pemilik asing yang membiarkan properti mereka kosong juga akan dikenakan denda cukup tinggi.

Kebijakan ini dilakukan pemerintah Australia untuk meningkakan pasokan perumahan di negaranya. Diketahui kebijakan selama ini bahwa bisa membeli rumah di Australia jika mereka tinggal di negara tersebut untuk bekerja atau belajar. Namun ketika mereka keluar dan tidak tidak tinggal lagi di sana, diharuskan menjualnya jika mereka tidak menjadi penduduk tetap.

“Kami menyambut baik investasi asing karena investasi asing akan bisa memainkan peran penting dalam keberhasilan ekonomi,” kata Chalmers.