Logo Bloomberg Technoz

IHSG Lanjut Menguat di Tengah Perlambatan Tenaga Kerja AS

Muhammad Julian Fadli
08 December 2023 08:15

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat 8 Desember 2023 berpotensi bergerak di zona hijau, di tengah sentimen perlambatan data ketenagakerjaan Amerika Serikat, seiring dengan klaim pengangguran berulang yang menurun hingga di bawah ekspektasi pasar.

Pada perdagangan kemarin, Kamis (7/12/2023) IHSG berhasil menguat 47,23 poin, atau setara dengan kenaikan 0,67% dengan menutup perdagangan pada level 7.134,62.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Jumat 8 Desember (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan tren Bullish menuju area resistance pada trendline garis ungu di area level 7.165. setelah perdagangan sebelumnya, IHSG menguat dengan break resistance pada time frame daily, di level 7.110.

Adapun resistance kuat selanjutnya yang menarik dicermati adalah 7.200. Sedangkan untuk support terdekat pada level 7.080 dan support selanjutnya 7.035. Hingga support terkuatnya di 7.000.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global dan dalam negeri. Data minggu ini memperlihatkan jumlah pengajuan tunjangan pengangguran AS mengalami penurunan terbesar sejak Juli. Meskipun terjadi penurunan, klaim yang berlanjut masih mendekati level tertinggi dalam dua tahun seiring munculnya bukti melemahnya pasar tenaga kerja.