Logo Bloomberg Technoz

Moody's Juga Pangkas Outlook 8 Bank China Jadi Negatif

News
07 December 2023 06:30

Warga China (Sumber: Bloomberg)
Warga China (Sumber: Bloomberg)

Evelyn Yu - Bloomberg News

Bloomberg, Moody's Investors Service memangkas outlook delapan bank China dari stabil menjadi negatif. Keputusan ini dibuat satu hari setelah mereka mengungkap sikap bearish terhadap obligasi negara di tengah kekhawatiran terhadap tingkat utang.

Tindakan Moody's tersebut ditujukan untuk lembaga keuangan termasuk Industrial and Commercial Bank of China Ltd dan China Development Bank. Menurut pernyataan Moody's pada Rabu, langkah tersebut terutama didorong oleh perubahan peringkat outlook utang pemerintah dari stabil menjadi negatif.

China telah berupaya mempertahankan status utangnya. Bank sentral meningkatkan dukungan untuk yuan, dan media pemerintah memuat serangkaian artikel yang mengutip para ahli yang mengecam pemahaman Moody's terkait perekonomiannegara tersebut. Pasar China mendapat beberapa dukungan, dengan Indeks CSI 300 mengakhiri penurunan selama tiga hari.

Pada Rabu, Moody's juga menurunkan outlook-nya untuk Hong Kong dan Makau serta menempatkan 26 local government financing vehicles (LGFV) atau perusahaan yang memberikan talangan utang kepada pemerintah daerah China dalam peninjauan penurunan peringkat. Badan tersebut mengatakan ada tanda-tanda berkurangnya otonomi institusi politik dan yudisial Hong Kong setelah penerapan Undang-undang Keamanan Nasional.