Logo Bloomberg Technoz

Harga Bahan Pokok Melambung Tinggi, Ganjar Tawarkan 3 Solusi

Pramesti Regita Cindy
05 December 2023 18:10

Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo (TPN Ganjar-Mahfud)
Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo (TPN Ganjar-Mahfud)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pada saat kampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/12/2023), calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan akan fokus mencari solusi kenaikan harga bahan pangan.

Dia lalu mengatakan, ada tiga gagasan konkret untuk masalah bahan pokok sebagai salah satu isu yang harus diatasi. Ganjar mengakui dia menemukan harga-harga bahan pokok yang melambung tinggi ketika dia berkunjung ke pasar tradisional termasuk di Balikpapan tersebut.

Hal yang kata Ganjar akan dilakukan yakni pertama, akan memperbaiki proses produksi dengan mengadopsi teknologi di sektor hulu termasuk dalam budidaya produksi pangan. Kedua, peningkatan akses dan kelancaran distribusi sarana produksi pertanian menjadi fokus termasuk mekanisme penyaluran pupuk yang tidak menghambat petani. 

Ketiga, perlunya persiapan off taker untuk mendistribusikan hasil pertanian dengan efisien. Sehingga dirinya mendukung penugasan kepada Bulog dan pembentukan sistem logistik daerah untuk mengoptimalkan distribusi.

"Makanya untuk distribusi bahan pokok, kami mendorong agar Bulog mendapatkan penugasan termasuk membuat sistem logistik daerah sehingga jauh lebih pendek untuk mengendalikan itu," ujar Ganjar dalam kampanyenya, seperti pers rilis yang dikirimkan TPN Ganjar-Mahfud, Selasa (5/12/2023).