Logo Bloomberg Technoz

Harga Beras Masih Tinggi, Mendag Zulhas Malah Sebut Stabil

Dovana Hasiana
04 December 2023 19:10

Pedagang merapihkan beras di kawasan Pejaten, Jakarta, Senin (11/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pedagang merapihkan beras di kawasan Pejaten, Jakarta, Senin (11/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan harga beras masih tinggi dari titik normal. Bahkan dia menilai, harga tersebut stabil atau berarti sudah berlangsung cukup lama, dan belum menunjukkan tanda akan turun. Hal ini disampaikan saat meninjau Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023). 

“Jadi, semua masih stabil. Beras juga stabil tapi tinggi, belum turun," kata Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan seperti dikutip dari siaran pers, Senin (4/12/2023).

Selain beras, Zulhas juga mengakui masih tingginya harga komoditas cabai di pasar. Saat ini, kata dia, pemerintah tengah mencari cara agar kenaikan rutin komoditas tersebut pada musim penghujan tak akan berpengaruh secara signifikan pada angka inflasi.

"Meskipun memang setiap Desember seperti itu,” ujar dia.

Dia mengklaim, salah satu faktor pemicu tingginya harga cabai adalah biaya logistik atau pengiriman. Kementerian Perdagangan, kata dia, akan mendorong pemerintah daerah memberikan subsidi ongkos kirim pada pengiriman komoditas pangan atau bahan pokok dalam jumlah besar.