Logo Bloomberg Technoz

Awal Desember Google Bakal Hapus Jutaan Akun Gmail Tak Aktif

Rosmayanti
30 November 2023 13:10

Perusahaan teknologi Google. (Dok: Bloomberg)
Perusahaan teknologi Google. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, JakartaGoogle mulai besok akan memulai proyek penghapusan akun Googole Mail, Google Drive, ataupun yang terkait mulai Desember 2023. Pastikan akun milik Anda secara berkala aktif jika tetap terbebas dari operasi bersih-bersih.

Bagi pengguna yang mengaktifkan paket berlangganan, seperti pada Google One, ataupun sejenisnya, kebijakan ini tidak tidak berlaku bagi Anda. Google juga menambahkan, saat ini tidak memiliki niat untuk menghapus akun yang terkait dengan video YouTube.

Ruth Kricheli, VP Product Manager Google dalam akun blog perusahaan menegaskan langkah ini dilakukan untuk  mencegah akun dipakai untuk mengirimkan file-file berbahaya. Selain itu sebagai bagian dari tindak perlindungan pengguna.

Bersih-bersih akun Google tidak aktif akan membatasi gerak peretasan efek dari kata sandi (passwords) yang kadaluarsa. Kejahatan siber diketahui makin masif seperti penipuan atau phising, hingga spamming.

Hasil analisis Google, akun lama berpeluang 10 kali lebih kecil dibandingkan akun yang aktif untuk mengaktifkan  two-factor authentication.