Logo Bloomberg Technoz

Muncul Kabar Data di Google Drive Sejumlah Pengguna Hilang

Redaksi
28 November 2023 11:55

Ekosistem Google dengan layanan email hingga rapat email. (Dok: Bloomberg)
Ekosistem Google dengan layanan email hingga rapat email. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Layanan data cloud milik Alphabet, Google Drive dilaporkan bermasalah, termasuk hilangnya data yang menimpa para pengguna. Pada keterangan melalui Google Support telah diakui memang ada permasalahan dalam Google Drive. Karyawan bidang teknisi telah memperingatkan pengguna untuk tidak mencari solusi sendiri atau melakukan perubahan sementara atas masalah yang tengah diselidiki oleh perusahaan.

Google Drive dilaporkan tampak telah membuang sejumlah data secara acara untuk beberapa pengguna, dilansir Appleinsider. Laporan dari Android Police mengatakan beberapa pengguna bercerita bahwa filenya telah hilang di Google Drive.

Pengguna awal yang melaporkan hilangnya file berasal dari Korea Selatan, dimana pada 21 November settingan akun kembali reset ke periode Mei 2023, yang artinya file terbaru sejak Mei hilang.

Seorang karyawan Google Drive membalas postingan tersebut pada tanggal 27 November, membagikan bahwa tim sedang “menyelidiki laporan tentang masalah yang berdampak pada sebagian kecil Drive untuk pengguna desktop dan akan menindaklanjuti dengan lebih banyak pembaruan.”

Berdasarkan keterangan lain, aplikasi desktop Google Drive yang bermasalah khusus pada versi 84.0.0.0 - 84.0.4.0 yang belum lama rilis. Jika pengguna mengalami hilang file anggota tim menyarankan untuk tidak menekan “Disconecct account” pada  Google Drive versi desktop.