Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Lirik Cara Thailand Beri Insentif Kendaraan Listrik

Tara Marchelin
28 February 2023 10:41

Motor listrik Alva One. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Motor listrik Alva One. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyebut pemerintah melirik cara Thailand dalam memberikan insentif untuk kendaraan listrik.

Tak hanya motor listrik, pemerintah juga sedang membahas mengenai insentif bagi mobil listrik yang rencananya akan diberikan sebesar Rp80 juta. Pemberian insentif itu menimbang persaingan insentif dari negara tetangga yakni Thailand.

"Presiden Jokowi meminta kita bersaing dengan Thailand. Kalau Thailand bisa Rp80 juta. Nah ini kita sedang memfinalisasi regulasi tersebut," terang Airlangga di Hotel St. Regis, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Pemerintah Thailand diketahui telah memulai program subsidi untuk kendaraan listrik sejak September 2022 untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik. Kendaraan listrik yang berhak menerima subsidi sebesar THB 70.000-150.000 per unit. Pemerintah Thailand juga memberikan insentif pajak berupa pengurangan cukai, jalan, dan pajak impor.

Sebelumnya pemerintah Indonesia akan segera menerbitkan aturan mengenai insentif berupa subsidi kendaraan listrik dalam waktu dekat. Insentif tersebut akan diberikan senilai Rp7 juta untuk pembelian motor listrik baik yang baru maupun motor listrik berupa konversi.