Logo Bloomberg Technoz

Arus Dana di Kripto Makin Deras, Terbesar Sejak Akhir 2021

News
29 November 2023 14:50

Ilustrasi Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

David Pan - Bloomberg News

Bloomberg, Pasar mengantisipasi bergulirnya kebijakan ETF Spot Bitcoin di pasar saham tradisional di AS telah membantu arus dana di industri aset digital ini selama sembilan minggu berturut-turut. Data ini menunjukan terjadi kenaikan terbesar sejak pasar bullish kripto pada akhir 2021. 

Produk-produk tersebut, seperti trust dan produk yang diperdagangkan di bursa, mengalami arus masuk sebesar US$346 juta (sekitar Rp5,39 triliun) minggu lalu, dengan Kanada dan Jerman berkontribusi hingga 87% dari total, menurut CoinShares.

Hanya sekitar US$30 juta (sekitar Rp468 triliun)) yang berasal dari AS, sebuah tanda partisipasi yang terus rendah dari negara tersebut, perusahaan manajemen aset mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Senin. 

Sejak awal Oktober, pasar kripto telah melonjak karena manajer aset tradisional seperti BlackRock bersiap untuk ETF Bitcoin spot. Hal yang berpotensi membawa lebih banyak investor ke dalam aset tersebut.  Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dipercaya akan menyetujui aplikasi ETF.

Arus dana masuk di aset digital kripto. (Dok: Bloomberg)