Logo Bloomberg Technoz

Terganjal Korupsi, Sri Mulyani Minta Kominfo Bereskan Proyek BTS

Sultan Ibnu Affan
28 November 2023 14:10

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers APBN KITA. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers APBN KITA. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk menyelesaikan program proyek menara telekomunikasi atau base transceiver station (BTS) 4G yang sempat mandek lantaran terganjal kasus dugaan korupsi.

Hal itu juga ia ungkapkan menyusul  janji pemerintah untuk membangun ribuan BTS sejak sebelum Pandemi Covid-19. Meski saat itu janjinya bukan diberikan Menteri Komunikasi dan Informatika terbaru, Budi Arie, Sri Mulyani menekankan, itu sudah menjadi tanggung jawab Kominfo untuk menuntaskannya.

"Saya bilang sama Pak Budi Arie, BTS di daerah dulu janjinya 75 ribu desa di Indonesia terkoneksi secara digital, puskesmas 10 ribu harusnya terkoneksi, 240 ribu Sekolah Dasar (SD) di seluruh madrasah, semuanya akan terkoneksi. Jadi aku nagih sama menterinya yang sekarang," ujar Sri Mulyani di sela Indonesia Digital Summit 2023 di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Bendahara negara mengatakan, Kemenkominfo bahkan satu-satunya kementerian yang mengalami kenaikan anggaran pada saat pandemi. Hal itu dilakukan demi menggenjot penyelesaian proyek BTS tersebut.

"Saat Covid semua lembaga anggarannya dipotong untuk ngurusin COVID, satu-satunya yang ditambahkan adalah tempatnya Pak Budi Arie yaitu Kominfo untuk pembangunan satelit, fiber optic, BTS dan lain-lain," ujarnya.