Logo Bloomberg Technoz

Badai Laut Hitam Ganggu Produksi Minyak Kazakhstan

News
27 November 2023 19:30

Laut Hitam. (Sumber: Bloomberg)
Laut Hitam. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Badai di Laut Hitam membuat setengah juta orang kehilangan listrik di Krimea, dan menghentikan pemuatan minyak mentah di Novorossiysk dan terminal Konsorsium Pipa Kaspi (Caspian Pipeline Consortium/CPC) di Rusia. Hal ini menyebabkan penurunan produksi minyak di Kazakhstan.

Pihak berwenang di Krimea yang diduduki Rusia menyatakan Senin sebagai hari libur karena badai dengan kecepatan angin mencapai 89,5 mil per jam terus menerjang semenanjung tersebut. Wilayah lain di Ukraina dan Rusia selatan juga terkena dampaknya.

Terminal minyak CPC di pantai Laut Hitam Rusia dan terminal minyak Novorossiysk yang berdekatan menghentikan pemuatan minyak mentah sementara karena badai, demikian disampaikan dalam pernyataan terpisah oleh keduanya pada Senin.

Operator pipa minyak Rusia, Transneft PJSC, yang mengelola fasilitas Novorossiysk, mengatakan pemuatan mungkin akan dilanjutkan sementara pada hari Selasa jika cuaca membaik akibat badai yang diperkirakan akan berlangsung hampir sepanjang pekan ini.