Logo Bloomberg Technoz

Runtuhnya aliensi ini diatur untuk mengecewakan Presiden Cina Xi Jinping, yang pemerintahannya telah mengkritik Lai atas sikapnya terhadap hubungan lintas selat.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah memiliki hubungan kuat dengan partai yang dipimpin oleh Tsai Ing-wen yang berkuasa di Taiwan itu, dan telah berjanji memberikan US$480 juta untuk meningkatkan kemampuan militer pulau tersebut di tengah agresi militer Beijing yang meningkat.

"Ini pasti melepaskan beberapa tekanan dari bahu Washington karena sikap Lai selalu bersahabat dengan AS," kata Chu Chao-hsiang, profesor di Institut Pascasarjana Ilmu Politik, Universitas National Taiwan Normal.

"Beijing akan sekarang meningkatkan tekanannya pada Lai dan memastikan Lai tidak mengatakan atau melakukan sesuatu untuk menguji batasnya."

China awal tahun ini menyebut Lai sebagai "pembuat masalah" yang ingin kemerdekaan Taiwan, dengan mengatakan pernyataannya tentang mempertahankan status quo damai adalah bohong dan bahwa ia membawa risiko perang ke pulau tersebut.

Hanya satu minggu yang lalu, tampaknya partai berkuasa di Taiwan, yang menolak klaim kedaulatan China atas pulau tersebut, mungkin kehilangan upaya untuk mempertahankan presidensi dalam pemilihan di bulan Januari.

Hal itu akan membuka pintu bagi Xi untuk mempererat hubungan dengan Taiwan, yang hanya dipisahkan oleh 160 kilometer lautan dari China.

Namun serangkaian peristiwa luar biasa minggu ini menyebabkan aliansi itu runtuh secara publik. Setelah berbulan-bulan negosiasi yang tidak menentu tentang siapa yang akan memimpin tiket gabungan antara KMT dan TPP, kedua kubu berkumpul di hotel mewah di Taipei pada hari Kamis, di mana mereka saling melempar hinaan di televisi SECARA langsung selama 90 menit.

Mantan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou, dari KMT, duduk di panggung dengan diam sepanjang pertengkaran tersebut, dan menolak untuk mengambil mikrofon. Pendiri Foxconn Technology Group Terry Gou — yang mundur dari pencalonan presiden pada hari Jumat setelah konsisten berada di urutan keempat dalam jajak pendapat — mengatakan Ma tidak diundang ke acara tersebut.

]

(bbn)

No more pages