Logo Bloomberg Technoz

BPH Migas Pastikan Tarif Angkut Gas via Cisem-1 di Bawah US$0,3

Sultan Ibnu Affan
24 November 2023 18:00

Perusahaan Gas Negara (PGAS). (Dok. PGN)
Perusahaan Gas Negara (PGAS). (Dok. PGN)

Bloomberg Technoz, Sorong – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan biaya atau tarif penyaluran gas bumi atau toll fee melalui pipa di Kawasan Industri Kendal (KIK), Jawa Tengah berada tak lebih dari US$0,3/million metric british thermal unit (MMbtu).

Hal itu menyusul proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi ruas Cirebon—Semarang atau Cisem tahap 1, yang telah resmi beroperasi sejak pertengahan November.

"Memang kurang lebih US$0,3, tetapi kita belum tetapkan, kita sedang menghitung berdasarkan data-data yang disampaikan dari usulan Pertagas," ujar Kepala BPH Migas Erika Retnowati saat ditemui di Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (24/11/2023).

Adapun, saluran transmisi pipa gas Cisem-1 sendiri kini telah resmi dioperasikan oleh PT Pertamina Gas (Pertagas), untuk mengalirkan gas kepada lima industri yang berada di Kawasan Industri Kendal.

Menurut Erika, penetapan harga tersebut memang berasal dari usulan penyalur. Dalam hal ini, Pertagas, yang meminta penetapan tarif tak lebih dari US$0,3/MMbtu.