Logo Bloomberg Technoz

Kredit Perbankan Oktober Berhasil Naik Sedikit Lebih Tinggi 8,99%

Dinda Decembria
23 November 2023 14:24

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan November 2023. (Youtube BI)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo saat Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan November 2023. (Youtube BI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertumbuhan kredit perbankan pada Oktober tercatat sebesar 8,99% year-on-year (yoy) lebih tinggi dibandingkan capaian laju penyaluran kredit baru pada September yang sebesar 8,7%.

Adapun pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah pada Oktober tercatat sebesar 14,68% dan UMKM 8,36% pada Oktober didukung oleh penyaluran Kredit Usaha Rakyat. 

Pertumbuhan kredit perbankan pada Oktober disokong oleh penyaluran kredit baru di sektor kinerja sektor korporasi dan pembiayaan rumah tangga. Sementara secara sektoral, pertumbuhan kredit didukung oleh sektor jasa dan pertambangan. 

BI masih optimistis pertumbuhan kredit perbankan tahun ini akan tercapai di kisaran 9%-11%. 

"Kredit perbankan Oktober tumbuh 8,99% didukung peningkatan permintaan pembiayaan sejalan dengan kinerja korporasi dan konsumsi rumah tangga yang terjaga," kata Perry Warjiyo, Gubernur BI dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis siang (23/11/2023).