Logo Bloomberg Technoz

Uni Eropa Pungut Ongkos Ekstra Emisi Karbon Kapal Mulai 2024

Redaksi
22 November 2023 20:00

Bendera Uni Eropa (Sumber: Bloomberg)
Bendera Uni Eropa (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kapal-kapal yang berlayar ke pelabuhan-pelabuhan Eropa harus membayar ongkos emisi karbon tambahan mulai Januari 2024. Hal ini dilakukan sebagai upaya menyikapi perubahan iklim.

Transportasi laut merupakan salah satu moda transportasi yang paling hemat energi, namun juga merupakan sumber emisi gas rumah kaca yang besar dan terus bertambah. Uni Eropa ingin memastikan transportasi laut ikut berperan dalam mencapai target netralitas iklim di Eropa pada 2050.

Diputuskan Sistem Perdagangan Emisi Uni Eropa (Emissions Trading System/ETS) akan diperluas untuk mencakup emisi CO2 dari semua kapal besar yang memasuki pelabuhan-pelabuhan Eropa. Tertulis dalam situs resmi Komisi Eropa, kapal-kapal berbobot 5.000 tonase atau lebih, dari mana pun asalnya, harus mengikuti sistem ini.

ETS mencakup 50% dari pelayaran yang dimulai atau diakhiri di luar Eropa. Hal ini memungkinkan negara ketiga memutuskan tindakan yang tepat untuk sisa emisi. Sebanyak 100% emisi yang terjadi antara dua pelabuhan Eropa, dan ketika kapal berada di dalam pelabuhan Eropa.

ETS mencakup emisi CO2 (karbon dioksida), CH4 (metana), dan N20 (oksida nitrat). Untuk CH4 dan N20 baru akan dimulai pada 2026.